Assalamualaikum warahmatullohi wabarakatuh 😊

Selamat malam #sahabatherbalize

Semoga hari ini dalam keadaan sehat dan menyenangkan ya, Aaammiinn😊

TEKNIK ANTI CLBK

Pada kesempatan kali ini, sedikit mau sharing tentang TEKNIK ANTI CLBK (CHATING LAMA BELI KAGAK)

setelah di survei, ternyata dari kaka kaka ada yang ngalamin atau dapat Calon pembeli yang CLBK .

chat lama beli kagak ! #hiks 😭

saking keselnya di kasih nama ROHANA, (Rombongan Hanya Tanya) πŸ˜‚

nah kali ini akan bahas, bagaimana cara ngadepin ROHANA ini …

“Chatting itu biar closing!, kalau nggak closing, ya pasti pusing.”

Pada prinsipnya jualan itu nggak boleh maksa, kan ya? iya dong.
kalau makasa mah, namanya bukan jualan, tapi nodong, hihihi…setuju ?

Tapi…
Kadang kita suka bingung juga, chatting lama, eeh engga closing juga. #hiks
😭

Terus gimana dong? harus maksa kah?

Jangan!

Sabar…, ya sabar …
:blush:

kaka kaka hanya perlu sedikit sabar dan mulai coba pelajari ilmunya, karena cara closingin itu ada polanya, ada seninya.

“Closing itu ada polanya, semakin di asah semakin Mudah…”

Pernah ngerasa gini gak?

Kadang suka ada rasa takut, malu, engga enakan ?

Pernah ?

Sebenernya itu cuma dalam pikiran kaka kaka aja. karena sebenarnya, bisa jadi calon pembeli cuma perlu penjelasan dan pengarahan doang. atau mungkin, calon pembeli perlu kepastian teknis buat beli,konfirmasi, transfer dan lain-lain.

Maka dari itu, sebelum kita mempelajari pola dan ilmunya,
tanamkan dalam pemahaman kaka kaka, bahwa ‘berjualan adalah aktivitas membantu orang lain yang dibayar’.

Setuju?

Setuju dong … #maksa 😁

Jadi…

Bagaimana cara kaka-kaka kalau lagi bantu orang?

Ramah atau kasar? ikhlas atau terpaksa? dan apa yang kaka kasih tau itu jadi manfaat atau enggak ?

coba sebentar renungi pertanyaan diatas?

yuk, mulai sekarang kita evaluasi bersama, bila masih belum benar, maka sekaranglah saatnya untuk merubahnya.

ini bukan bermaksud menggurui loh ya, maaf maaf ya πŸ˜ŠπŸ™

hanya saja, berusaha untuk saling ngasih saran, karena kami pun dulu seperti itu.

Dan Alhamdulillah nya kami diperkenalkan dengan orang-orang yang bisa menasehati dan mengingatkan kami. dulu …

“Semua ada caranya, Bukan tidak bisa, hanya belum tau caranya saja.”

nah setelah, niatnya benar, sekarang waktunya kami bahas pola dalam tehnik closing…

Cung ☝ dulu ah yang mau ? hihihi #maksa

Ok, kita lanjut ya,
😊

Kaka-kaka harus tau dulu, ada beberapa calon pembeli engga jadi beli, bukan karena mereka engga suka,

Tapi …

karena mereka ada keraguan,

ya K.E.R.A.G.U.A.N.!

kami telah menganalisis beberapa keraguan yang ada pada si calon pembeli, diantaranya
1. belum butuh
2. belum punya uang
3. harganya kemahalan
4. bonusnya kurang menarik
5. nanti saja setelah gajian
6. mikir-mikir dulu
7. ragu sama penjualnya
8. susah belinya
9. ribet
10. ongkirnya mahal
11. DikirImnya lama
12. Bonus pesaing lebih banyak
13. Kecewa dengan yang sebelumnya
14. kapan-kapan saja deh
15. banyak engga manfaatnya
16. males
17. Belum izin suami

Maka untuk menghadapi karakter-karakter itu, penting bagi kaka untuk menganalisa produk yang ditawarkan, apa keunggulannya, bagaimana nilai gunanya.

Ya, selain itu, pikirkan juga apa yang bakal terjadi kedepannya.

“Lebih Baik Capek Mikir dan Capek Gerak di awal, daripada nggak bisa mikir dan Gerak (mati) di akhir”

Baiklah, sekarang yuk kita bareng-bareng menganalisis.

ambil saja produk herbalize satu, buat contoh, misalnya chia seeds

nah kita pelajari chia seed ini, mulai dari manfaatnya apa aja?, misalnya:

– Memberikan tambahan energi bagi tubuh
– Membantu menjaga kesehatan jantung
– Membantu menstabilkan tekanan darah (terutama bagi penderita tekanan darah tinggi).
– Membantu proses detoksifikasi
– Membantu menyeimbangkat berat bada
– ayo cari lagi manfaatnya…

Memang, tidak bisa dipungkiri, kebanyakan calon pembeli di indonesia memang doyan chatting dulu sebelum beli.
Tanya dulu sana sini, baru beli.

Tapi…

belum tentu setelah tanya-tanya, bakal langsung beli juga, #loh

Ya, itu tergantung bagaimana setiap jawaban kaka-kaka.

Ingat ya, jangan maksa,

TAPI…

M.E.N.G.A.R.A.H.K.A.N calon pembeli untuk beli.

Karena biasanya gagal closing itu, kitanya yang maksa, bukan mengarahkan.

“berjualan itu tentang mengarahkan, bukan memaksakan”

Tanda calon pembeli sudah berminat yaitu, ia mulai bertanya-tanya.
Jadi jangan samapai kaka-kaka menghilang minat si calon pembeli hanya gara-gara salah jawab?

Jadi…
Ayo kita pelajari tehnik closing yang ampuh dan mudah di terapkan.

1. BERTANYALAH
Satu hal yang perlu kaka kaka ingat dan di perhatikan saat chatting dengan calon pemebeli, yaitu jangan sampe obrolan berhenti di kaka, sebelum closing.

Terus gimana dong?

ya rajinlah bertanya.

Clu pertanyaan seperti ini :
1. Tanya alasannya,
2. Tanya pendapatnya
3. Tanya keinginannya
4. tanya apa yang ia perlukan
5. tanya bagaimana kondisinya

Tapi …

Perlu di ingat juga, bukan berarti kita malah terus-terusan nyerocos nanya, kalau begitu nanti malahan jadi bikin males calon pembelinya,
ingat juga, kalau calon pembeli punya beberapa faktor “ragu” yang sempat kita bahas (scroll ke atas, kalau lupa).

Jadi gimana dong a?

Ya, kaka kaka harus bertanya sesuai kondisi yang ideal.

Contohnya ya, biar lebih kebayang.

RIBET
>> Calon pembeli : “Ah ribet cara belinya”.
>> kaka kaka : ” oh gitu ya bu, memang seperti itu bu sistemnya”

Tetttoott. nggak closing #hiks

Lalu jawabannya yang benernya seperti apa a ?

Kaka bisa tanya balik, misalnya seperti ini :
“Memang ribet bagaimana bu? insha alloh aku bantu bu”

“Ibunya mengalami kesulitan dibagian mana ya? boleh aku bantu”

KECEWA DENGAN YANG SEBELUMNYA

>> calon pembeli : “ah, yang kemaren juga belum nyampe barangnya”
>> penjual : “Maaf BU, terima kasih”

Tettoottt, nggak closing lagi … #pale pusing

Terus, gimana dong a?

Apakah balik bertanya lagi?

Yaps… betul …

Sebaiknya kaka-kaka balik bertanya lagi. misalnya seperti ini :
“Maaf sebelumnya, pesan produk apa ya mas? biar kami bantu proses.”
“Oh, apakah ibunya tidak akan menyesal karena sedang ada diskon sambil aku bantu proses sebelumnya”

Kaka kaka bisa praktek trik ini ya, sudah kebayangkan?

*yang belum kebanyang, tak sentil ya … hihihii #apasih

intinya jangan putus chatinggan di kaka sebelum closing, ok Sip #tos

oh iya, saat chattingan HARUS PAKE EMOTICON YA…

Biar terlihiat lembut dan ramah …

Ini penting sekali, karena kita komunikasi via pesan text, maka kita harus menancapkan asumsi ke calom pembeli, bahwa kita itu ramah dengan cara menggunakan emoticon disetiap jawaban maupun pertanyaan, gunakan emoticon yang sesuai, ok.

2. KASIH TAU KEUNTUNGANNYA

Coba ayo, siapa yang nggak mau untung? Cung ?

#yang ngacung, tak selepet ya … hihih #apasih

Pastinya semua orang ingin untung dong ? iya kan ?

“Iya gitu, diem diem bae” …. hihihi #apasih

Makanya, perlu kaka kaka sampaikan keuntungan yang mereka dapatkan ketika membeli produk kaka kaka

Tehnik ini akan “menggoda”,

Yes…

“Menggoda” calon pembeli. karena bisa jadi. mereka gagal beli lantaran karena mereka belum tau manfaat/keuntungan apa yang akan mereka dapatkan setelah menggunakannya.

INGAT! …

Jangan ada peluang yang bisa menyebabkan gagal closing,
contoh nya, misalkan mereka belum tau manfaat/keuntungannya, maka kita wajib tuh ngasih tau.

Kaka-Kaka bisa mengombinasikan tehnik ini dengan tehnik sebelumnya.

Setelah kaka bertanya, kaka bisa memberitahu beberapa keuntungan sesuai jawaban calon pembeli.

misalnya (case study chia seeds) :

Calon pembeli : “Bentar ya ka, pikir-pikir dulu”
kaka :
“oh, apakah ibu tidak akan menyesal karena sedang ada diskon, dan tahukah ibu? kalau chia seeds ini bagus untuk :
– pencernaan
– diet,
– menyehatkan kulit, rambut dan kuku
– Membersihkan Usus
– Antioksidan tinggi
– Superfood untuk otak dan jantung
– Memperkuat Immune System
– Mengembalikan gula darah ke tingkat normal
– Meingkatkan energi dan stamina
– Menjaga kesehatan tulang dan gigi

“Ibu bisa mendapatkan gratis ongkir untuk pembelian minimal 3pcs produk kami”

“ibu sudah taukan kalau hari ini ada diskon”

pastikan kaka menyampaikan KEUNTUNGAN dengan padat dan jelas ya

3. Kasih tau Batas Waktunya dan stoknya

Tehnik ini bertujuan untuk menakut-nakuti calon pembeli. agar mereka tidak menunda-nunda pembeliannya. mereka akan terdorong buat beli karena tahu ada kondisi tertentu yang sulit terulang. Tentu jangan di buat-buat, harus sesuai dengan keadaan sebenarnya. Misalnya memang ada promo terbatas, atau ada barang yang stoknya terbatas.

contohnya seperti ini:
1. Hanya hari ini loh diskon sampai 60% nya, mau di ambil diskonya ya?
2. Tinggal 3 hari lagi gratis ongkirnya, gimana mas?
3. Stok terbatas hanya 100 pcs lagi, lebih baik segera pesan sebelum kehabisan ka, mau?
4. Besok harga naik!, saran saya beli sekarang selagi Masa Promo.

Tapi ingat ya, JANGAN MAKSA! ..

Buat mereka bakal menyesal kalau melewatkan promo yang kaka berikan.

Ingat juga jangan melakukan promo yang sama terus menerus. karena biasanya calon pembeli bakal semakin kebal dengan penawaran kaka.

jadi buatlah promo-promo menarik dan baru buat mereka. Semakin kreatif promo yang kaka buat, semakin tertarik dan akhirnya closing … Yeay …

Β 

4. Berikan Ke-Ekslusif-an
Kebanyakan orang suka Ekslusivitas. Semakin ekslusif, semakin di inginkan. lihat saja produk apple, tidak semua orang bisa memilikinya dengan mudah. itu contoh dari segi produknya, ada juga darI cara kaka memperlakukan calon pembeli kaka.

contohnya saat chattingan,

saat calon pembeli kaka meminta ini itu, kaka bisa menambahkan kata-kata seperti :
“Khusus untuk ibu, akan saya bantu proses lebih cepat”
“Kalau masnya beli lebih banyak, aku kasih bonus spesial”
“karena mas termasuk 1000 orang pertama, aku kasih diskon ongkir”

inilah 4 Tehnik Ampuh yang bisa kaka Praktikan.

Terakhir
,

Jangan Sungkan

Ketika Kaka chatingan dengan calon pembeli, jangan sungkan untuk semakin dekat. Kaka bisa memanggil namanya seperti “selamat pagi ibu Nia, ada yang bisa aku bantu?”.

Karena kebanyakan orang akan merasa senang dan nyaman jika orang lain memanggil namanya. Mereka akan merasa dekat dengan kaka, begitupun sebaliknya.

Jangan sungkan untuk meminta maaf, berterima kasih, dan meminta tolong kepada calon pembeli.
Misalnya
– “Kami mohon maaf dengan keterlambatannya. apakah ada yang bisa aku bantu lagi?”,
– “Terima kasih atas kunjungannya, semoga hari ini kaka menyenangkan”

Satu hal, JANGAN MALU untuk mencoba dan mencoba lagi. Lebih baik lelah daripada menyerah.

JANGAN MALU DAN JANGAN ENGGA ENAKAN!

Cukup sampai disini dulu ya, jika ada yang ingin ditanyakan, bisa langsung chat di grop diskusi aja ya, 😊

Silahkan untuk kaka kaka jika ada yang ingin ditanyakan atau ada yang ingin di diskusikan, mari kak …. silahkan πŸ˜ŠπŸ™

TERIMA KASIHΒ