SENJATA PELENGKAP

Assalamualaikum warahmatullohi wabarakatuh ๐Ÿ™๐Ÿ˜Š

Selamat Sore #SahabatHerbalize ๐Ÿ˜

Gimana kabarnya?

Semoga dalam keadaan sehat dan selalu semangat ya …โœŠ

Kali ini akan sedikit sharing dengan materi “SENJATA PELENGKAP” saat melakukan Chating sama rohana and the genk … ๐Ÿ˜
(genknya = rohana, rohaji dan sejenisnya … ๐Ÿ˜‚

Dengan “SENJATA PELENGKAP” ini semoga menjadi “jalan” move on dari rohana menjadi rojaliย  ๐Ÿ˜

Lalu, Apa saja senjata Pelengkap itu?

Senjata 1, Fast Respon.

Sejenak coba kaka bayangkan kalau kaka di posisi sebagai pembeli, kira-kira perasaan kaka kalau penjualnya sangat lambat dalam pelayanannya, padahal kaka sebagai pembeli ingin cepet-cepet, gimana perasaan kaka?

Kesel? apa sangat Kesel?, Kecewa ? apa sangat Kecewa ?atau bahkan mungkin Gemezzzz, pengen ngigit? ๐Ÿ˜‚#apasih

Mungkin bisa terlintas di benak kaka untuk mengurungkan niat untuk beli, iya kan ?

iya dong …. #maksa hehe ๐Ÿ˜

Nah…

itu juga yang dirasakan oleh pembeli kaka, kalau pelayanan kaka lambat/slow respon, kemungkinan besar mereka bakal kabur, engga jadi beli …#hiks๐Ÿ˜ญ

Gagal Closing dah …. #garuktembuk ๐Ÿ˜ญ

Lalu bagaimana kalau kaka dapet calon pembeli yang rewel gara-gara kaka slow respon?

ya kaka tinggal layani saja sebaik mungkin, se-santun santunya , se-sabar sabarnya dan layani dengan sebaik-baiknya. karena pada prinsipnya, bagaimanapun servis yang baik adalah salah satu “senjata” yang sangat penting.

“ada gak a tipsnya biar fast respon?”

ada …

kasih tau engga ya …. hehehe
๐Ÿ˜

Cung dulu ah, yang mau tipsnya. Cungโ˜ย 

baik, Tipsnya adalah …

1. Stand by di jam-jam chat biasa masuk. misalnya jam 7-9 pagi atau jam 5-9 malam.

2. siapkan text/tulisan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh pembeli.

misalnya ,
pertanyaan manfaatnya apa? ,
harganya berapa?,
format pemesan nya gimana/,
dll-nya ,

nah disiapkan tuh tiap produknya, biar nanti tinggal copy paste / salin aja, kan jadi lebih cepat tuh …

iya kan …๐Ÿ˜Š

3. dahulukan balas chat yang masuk duluan, biasanya posisi chatnya ada di bawah.

dari 3 tips diatas? mana yang belum kaka lakukan ?

nah bagi yang belum, silahkan dipraktekan 3 Tips ini ya ,,, ๐Ÿ˜Š

“lalu senjata yang ke-2 apa a?”

Senjata 2, Mainkan Emosi

biasanya orang membeli sesuatu itu dipengaruhi oleh 2 hal, yaitu faktor rasional dan faktor emosional.

1. faktor rasional
kalau orang yang memutuskan beli menggunakan otak rasionalnya, mereka akan melihat sebuah produk dari value/benefitnya, harganya, seberapa penting dia membutuhkannya. kalau memang nggak cocok, mereka nggak akan beli produknya tersebut, Kebayang kan? sip …

2. faktor emosional
kalau orang yang memutuskan beli menggunakan otak psikologisnya, mereka cenderung memakai emosinya, misalnya produknya lagi trend, banyak yang pakai atau misal produknya berhubungan dengan orang yang di idolakannya, atau bisa jadi produknya bisa menaikan gengsinya.
Produk yang kaka tawarkan dimata pembeli harus ” ini gue banget deh”.

“A, seperti biasa, ada gak tipsnya memainkan emosi ini? huehuehue๐Ÿ˜‚

“Ada dong,,, wani piro… hehhe” #apasih

Cung dulu ah yang mau Tipsnya, Cungโ˜ ย 

Tips memainkan emosi
1. Sertakan Pain and Gain dalam setiap penawaran kaka,
pain itu adalah berupa hal-hal apa saja yang menjadi permasalahan mereka.
sementara Gain berupa hal-hal apa saja yang menjadi impian atau harapan mereka.

contoh saat diskusi / chatingan sama calon pembeli:
dengan gaya hidup seperti itu, bisa menyebabkan gula darah kaka bisa naik, nah agar kembeli lagi ke tingkat normal, kaka bisa rutin mengkonsumsi chia seeds ..

2. lebih sering bertanya / gali informasi tentang ketertarikan si calon pembeli kaka.

3. sertakan scarcity dan social proof dalama penawaran kaka.

contohnya :
kasih tau stoknya tinggal dikit lagi, sedangkan yang mau pesan banyak
.

kasih tau testimoni dari orang yang sudah merasakan manfaatnya.

4. layani dengan ramah bahkan kalau bisa sampai jadi teman curhat.

catetan: jangan sampe jadi teman gosip ya … ๐Ÿ˜

– Kendalikan emosi calon pembeli Anda, maka Anda mampu mengendalikan keputusannya untuk beli –

sharingnnya sampai disini dulu ya, abangnya mau pulang … hihihi ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

kalau ada yang mau ditanyakan atau mau sharing-sharing seperti bunda wanda, silahkan ya, langsung saja chat di grup diskusi … oceh …

#tos dulu dong๐Ÿ˜ย 

TERIMA KASIHย