PENYEBAB GAGAL CLOSING

Assalamualaikum warahmatullohi wabarakatuh πŸ˜ŠπŸ™

Selamat Sore #SahabatHerbalize  😍

yeaahhh ….. ✊

Gimana kabarnya?

Semoga dalam keadaan sehat dan selalu semangat ya …✊

Pada kesempatan kali ini, ingin sedikit sharing PENYEBAB GAGAL CLOSING

BAIK KITA MULAI YA KAK… 😊

Tehnik closing sebenarnya adalah sebuah seni dalam berhubungan dengan Calon Pembeli, jadi kaka harus berorientasi pada kebutuhan pelanggan bukan keuntungan kaka semata.

pastikan tujuan kaka saat melakukan transaksi adalah ” berupaya maksimal agar setiap kebutuhan pelanggan terpenuhi”.

Jika kaka berorientasi pada kepentingan pelanggan, sudah dipastikan akan merasa tenang dan mau mempercayakan uangnya pada kaka.

ok, mari kita bahas lebih dalam lagi ya. siap ?

“siap”
“siap”
“siap 86”
“”siap grak πŸ˜‚

kita lanjut ya …,

pada dasarnya orang akan membeli jika hal itu menguntungkan buat dirinya, Andaikata kaka di posisi pembeli, tentu kaka juga akan berpikir seperti itu juga kan?, hayo?

“kalau ini menguntungkan, aku beli” kan gitu ya …? ^_^

iya ga?

iya dong …hihihi #maksa😁

Ga mungkin kaka membeli sesuatu yang enggak kaka butuhkan walaupun jika kaka engga membelinya gak jadi masalah,

namun karena keinginan sudah berubah jadi kebutuhan,maka otomatis kaka pasti beli, berapapun harganya, begitupun pelanggan ,

sepakat?

sepakat dong … huehuehue #maksa😁

– Tidak ada harga yang kemahalan, hanya market yang belum teredukasi –

tanda pembeli miliki keinginan/tertarik dengan produk herbalize yang kaka promosikan adalah dengan mereka menghubungi kaka sudah pasti calon pembeli memiliki rasa ingin tahu yang besar dan ini membuat sebuah lubang besar dalam benak mereka.

Nah, tugas kaka harus memenuhi lubang besar itu dengan informasi yang mereka butuhkan agar mereka ngerti dan paham serta memutuskan untuk beli.

pertanyaan nya adalah, “apa saja sih penyebab gagal closing?”

Hayo apa ? …

1. Gak sabaran
?
2. Memaksa
?
3. Terburu-buru ?
4. Ragu
?
5. Kaku
?
6. Tidak mampu membangun percakapan ?

ya itu adalah kemungkinan-kemungkinan yang menjadi penyebab gagal closing #hiks 😭

Hal itu sangat wajar, jika kaka adalah seorang pemula dalam jualan online, karena memang kaka membutuhkan jam terbang untuk terus memperbaiki dan terus memperbaiki.

banyak sekali faktor yang menyebabkan traksaksi tidak berakhir closing,

penjual/kaka terkadang terburu-buru ingin segera closing, padahal dalam transaksi jual beli diperlukan edukasi smpai kastemer paham dan akhirnya akan berujung pada closing.

Β 

Mari kita bahas lebih dalam kesalahan-kesalahan yang menyebabkan gagal closing :

1. terburu-buru
jangan terburu-buru saat chit chat dengan rohana(calon pembeli), karena jika terburu-buru engga kebangun kedekatannya, padahal untuk menciptakan rasa percaya dan aman adalah dengan kedekatan.
setuju ya ?

udah setuju aja hihihi #maksa😁

baiknya ketika pertama kali chat adalah dengan perkenalan, kaka harus mengenalkan diri dulu, jangan langsung membahas produk herbalize yang ingin dia beli.
lakukan pendekatan dulu, agar pembeli merasa nyaman berkomunikasi dengan kaka.

nah perlu kaka ketahui, bahwa ada 3 kategori pembeli :

1. cold market
orang yang masuk ke kategori cold market adalah orang yang mengetahui produk herbalize dari iklan / promosi yang kaka sebar. bisa dari iklan di facebook, IG,Google ataupun media lainnya.
biasanya orang-orang ini baru sekedar tertarik saja.

nah apa yang harus kaka lakukan ke cold market ini?

kaka harus memperkenalkan siapa kaka, menjelaskan seluk beluk produk dan kenapa mereka harus segera menggunakan produk herbalize

contoh : “wah bu, dengan mengkonsumsi chia seeds selain membantu menjaga kesehatan jantung juga membantu menstabilkan tekanan darah, insha alloh sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh, mau pesan berapa pcs bu? πŸ™πŸ˜Š

2. Warm Market
orang yang masuk kategori ini adalah orang yang sudah kenal dengan kaka, mereka mulai menyukai dan mengikuti halaman fesbuk, intagram dan sempat chit-chat dengan kaka, ya bisa dibilang rohana lah …
😁

nah bagaimana cara menangani orang ini?

warm market ini sudah ada keinginan untuk beli, jadi bisa dibilang potensial buyer / calon rojali.

jadi kaka cukup meyakinkan mereka dengan memberikan testimoni, potongan harga, garansi, value produk & jaminan agar terjadi closing.

3. Hot market
orang yang masuk ke kategori hot market adalah orang yang sudah beli produk herbalize melalui kaka dan puas dengan pelayanan kaka dan juga produknya.

kaka bisa dengan mudah menawari produk yang lainnya atau juga bisa membuat mereka beli dan beli lagi (ripit order)

Triknya supaya mereka mau beli lagi adalah dengan memberikan diskon / cashback / subsidi ongkir

silahkan pilih salah satu dan sesuaikan mana yang lebih menguntungkan.

Lalu kesalahan apa lagi yang menyebabkan gagal closing ?

2. Terlalu kaku
kalau kaka kaku saat melayani pelanggan sudah di pastikan pelanggan akan merasa tidak nyaman. dan membuat nyaman calon pembeli adalah hal yang sangat diperlukan.

sekarang coba kita perhatikan, kenapa rata-rata wanita bisa membeli dalam jumlah yang banyak padahal tidak terlalu perlu/penting.

hayo kenapa kira-kira ?

karena eh karena …. hihihi😁

secara emosional wanita senang dengan pelayan yang ramah dan menyenangkan, kalau kaka sudah bisa membuat calon pembeli nyaman dan senang maka akan mudah diarahkan mereka untuk mebeli produk yang lainnya …

asseeekkk kan kalau gitu …

sedangkan kalau pria kurang suka basa-basi, kalau kaka juga engga basa basi saat chit-chet bagaimana akan tercipta rasa nyaman?

Nah …. mulai kebayangkan ?……

Lalu kesalahan apa lagi yang menyebabkan gagal closing ?

3. kurang mengedukasi pembeli tentang “value” produk yang dijual

terkadang orang membeli bukan karena produknya, tapi manfaat yang terdapat di produk tersebut.

maka dari itu kaka perlu mengedukasi pembeli kenapa mereka harus membeli di kaka,

sebagai contoh :
” karena produk2 herbalize sudah BPOM, juga sudah dicek di laboratory INSTITUT PERTANIAM BOGOR dengan No BM/XII/19/3604 juga memiliki Sertifikat HALAL MUI “

Lalu kesalahan apa lagi yang menyebabkan gagal closing ?

4. palayanan yang buruk

kalau kaka tidak melayani dengan ramah tamah maka calon pembeli akan sangat mudah untuk pindah di tempat lain, apalagi komunikasi kita dalam bentuk text perlu di tambahkan emoticon sperti :blush::heart_eyes::pray: agar terlihat ramah tamah

Perlu di ingat prinsipnya, bahwa kaka yang membutuhkan pelanggan bukan mereka yang membutuhkan kaka, karena mereka bisa bebas mencari penjual yang lain yang menurut mereka bisa nyaman dan dipercaya,Β 

Bagaimana cara membuat pelanggan merasa nyaman ?

1. Jangan mendominasi percakapan, biarkan calon pembeli kaka bertanya mengenai produk herbalize, jelaskan dalam batas wajar, bangun percakapan yang menyenangkan dengan demikian pelanggan akan merasa nyaman.

hal yang meyakinkan pelanggan agar mau transfer :
– calon pembeli merasa harga yang ditawarkan sepadan dengan apa yang akan di terima
caranya => sampaikan manfaat apa yang akan dia dapatkan setelah mengkonsumsi produk herbalize
– calon pembeli menyukai pelayanan dari kaka
caranya => komunikasi dengan ramah tamah, pake emoticon 😍😊😁😘dll, sesuaikan dengan percakapan

– calon pembeli merasa butuh dan harus segera membeli
cara nya => sampaikan masalah / manfaat yang akan di dapatkan,
contoh “wah bu, selain membantu menjaga kesehatan jantung juga membantu menstabilkan tekanan darah, insha alloh sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh, mau pesan berapa pcs bu? πŸ™πŸ˜Š.

cukup sampai disini dulu ya, sharing-sharing kali ini, semoga bermanfaat buat kaka-kaka πŸ™πŸ˜Š

si u..πŸ™

TERIMA KASIH