Semangat PAGI! #SahabatHerbalize

Gimana kabarnya?

Semoga dalam keadaan sehat dan selalu dimudahkan segela urusannya … Aammiinn

Pada kesempatan kali ini ingin sedikit sharing mengenai copywriting.

berikut ini hal hal yang biasa ada dalam sebuah copywriting
:

HEADLINE
headline merupakan bagian terpenting dari promosi kaka, karena headline itu iklannya iklan kaka, karena dari headline ini lah yang menentukan orang lanjut baca promosi kaka atau engga.

jika headline nya kurang menarik, maka kaka kehilangan kesempatan calon pembeli untuk membaca promosi kaka, akhirnya gagal closing deh…

PENAWARAN
Penawaran yang baguslah yang membuat calon pembeli memutuskan untuk beli. kaka harus tau, apa yang jadi masalah pembaca, apa yang diinginkan oleh pembaca, dan kaka harus memberitahu pembaca kalau kaka memiliki solusi atas masalahnya.

lalu…, apa saja yang harus kaka cantumkan pada bagian penawaran ini.

1. Pengantar
biasanyaa menyajikan penawaran dalam sebuah cerita, ada pengantar atau intro yang menyambungkan headline ke penawaran itu sendiri.
tujuannya adalah untuk membangun kedekatan dengan pembaca, kaka bisa melakukannya dengan menyapa mereka, tanya kabar, say “hello”, memperkenalkan diri, latar belakang diri kaka.

2 Deskripsi produk
Dibagian ini, kaka harus menjelaskan produknya, perlihatkan ke calon pembeli bagaimana kaka bisa membantu mereka memecahkan masalahnya. kasih tau sedetail-detailnya tentang produk herbalize.

lalu, apa lagi yang biasa ada dalam sebuah copywriting?

Alasan
,
kata john caples, kegagalan sebuah promosi biasanya orang itu lupa menjelaskan KENAPA orang-orang harus membeli produk herbalize.

Perlu di ingat, perbedaan jualan(selling) dan nginformasikan(telling) salah satunya terletak pada kemampuan kaka menjelaskan poin “WHY” ketimbang “WHAT”

Mungkin ada yang ngeletuk tanya kek gini “lalu apa aja a yang harus diyakinkan ke calon pembaca promosi kita?”

1. kenapa produk herbalize lebih baik daripada produk kompetitor sejenis, bila ada
kompetitornya
2. kenapa mereka harus percaya ke kaka?
3. kenapa mereka harus membeli produk kaka
4. kenapa mereka harus beli sekarang, tidak besok , atau kapan-kapan?
5. kenapa mereka harus mengikuti saran kaka?
6. kenapa ….?

oleh karena itu, kalau kaka ingin membuat pembaca yakin dengan penawaran kaka, maka kaka harus membuat ALASAN YANG KUAT kenapa mereka harus membeli produk kaka.

dalam sebuah copywriting, kaka bisa menggunakan frasa-frasa seperti ini:
– 9 alasan kenapa Bunda HARUS beli produk chia seeds
– Mengapa Saffron ini WAJIB ayah miliki
– Kenapa Madu ini penting untuk kaka coba.

lalu, apa lagi yang biasa ada dalam sebuah copywriting?

BONUS
Pernahkah kaka-kaka membeli sebuah barang, karena TERTARIK dari BONUSnya?
pernah kan, keknya sering deh … 

iya kan … ? 

Keberadaan bonus ini untuk menguatkan pembaca untuk membeli produk kaka…

Engga bisa dipungkiri, semua orang suka yang namanya BONUS, benarkan

Termasuk kaka, iya kan .. udah ngaku aja …. hihihi

ketika kaka memberikan bonus, ada beberapa yang harus kaka perhatikan.

1. Ada nilainya
jika kaka ingin memberikan sebuah ebook resep misalnya, maka berikan penjelasan nilai ebook ini,

misalnya gini :
GRATIS Ebook Resep Racikan Bumbu Dapur dari orang pedalaman HUTAN kuningan yang belum banyak orang tau senilai Rp.299.000

pastikan kaka memberikan angka, sebagai contoh disini, senilai Rp. ….

2 Relevan
pastikan bonus yang kaka berikan, masih relevan dengan produk herbalize, misalnya kasih resep-resep
masakan

“a, bolehkan ngasih bonusnya yang engga relevan?”

sebetulnya, boleh-boleh aja, engga jadi masalah, hanya saja jika masih relevan lebih baik.

3. Berkualitas
bonus yang kaka berikan harus benar-benar berkualitas.

“parameter berkualitas engganya gimana a?”

ya gini aja, posisikan kaka di posisi pembeli, apakah kaka menginginkan bonus itu apa engga, kalau engga ya berarti calon pembeli juga kurang lebih seperti kaka, paham kan … ?

udah paham aja? hihihihi

lalu, apa lagi yang biasa ada dalam sebuah copywriting penawaran?

TESTIMONI

semakin banyak testimoninya dalam sebuah penawaran yang kaka buat, maka orang yang membacanya akan semakin percaya.

selain itu testimoni akan membantu kaka untuk tidak terlalu capek menjelaskan tentang produk knowladge.

loh … kok bisa, kenapa coba? Hayoo apaaahh?

karena orang akan percaya apa yang dikatakan orang lain dan akhirnya dia bisa menyimpulkan sendiri, bahwa memang produk-produk herbalize ini berkualitas,

“buktinya mana a?”
yaaa itu , buktinya dari testimoni ini(orang-orang sudah mengkonsumsi produk herbalize dan merasakan khasiatnya)

bukan hanya itu saja, dengan adanya testimoni, bisa meningkatkan konversi penjualan, “lalu gimana a caranya mendapatkan testimoni?”

nah, ini dia tipsnya

mintalah ke pelanggan kaka yang sudah pernah pesan minimal 2 kali, dan gunakan pertanyaan yang tepat.

jangam ampe salah tanya,

contoh pertanyaan yang kurang tepat.

“bu, boleh minta testimoninya?”

kalau seperti ini pertanyaannya, maka memiliki dua pilihan jawaban, yaitu “boleh” atau “enggak”.

Syukur kalau jawabannya “boleh”, Laahh… kalau “ENGGAK!”

maka dari itu, gunakan pertanyaan yang tepat, contohnya gini :

“bu, gimana perasaan ibu setelah mengkonsumsi chia seed dari herbalize?
“Apa tepatnya yang ibu rasakan setelah mengkonsumsi saffron dari herbalize?

“Apa dampak positif yang mba rasakan setelah mengkomsumsi himsalt dari herbalize?

“Apa komentar positif ayah, setelah mengkonsumsi madu dari herbalize?”

pastikan kaka bertanya ini kepada pelanggan yang udah beli minimal 2 kali pembelian yaa, artinya beli lagi dan lagi ….

setelah dapet testimoninya dan kaka mau buat sebuah copywriting, gunakan testimoni yang paling bagus responnya

Tunjukan nama juga foto/screen shootnya, karena ini lebih di percaya oleh si pembaca …

nah sekarang, PR nya adalah, bagi kaka kaka yang sudah memiliki pelanggan, yang udah minimal beli 2 kali, coba ambil testimoninya ya …

dan share di grup diskusi kelas herbalize, soalnya kepo nih, pengen tau responnya seperti apa … okeh …

ok, sharing-sharingnnya sampai disini dulu ya, kita lanjut lagi nanti… okeh

, jangan lupa PR nya,

Contoh copywriting Produk Herbalize

Contoh copywriting Chia Seed, Untuk lihat Klik Disini

Contoh copywriting Honeylize, Untuk lihat Klik Disini

Contoh copywriting Saffron, Untuk lihat Klik Disini