Assalamualaikum warahmatullohi wabarakatuh πŸ™πŸ˜Š

Selamat Sore #SahabatHerbalize 😍

Gimana kabarnya?
semoga kita semua terhindar dari wabah virus corona … Aammiinn πŸ™

Disampaing itu, semoga kaka juga di serbu CORONA

“lah … ?😭

hihihi😁 

Maksud CORONA disini adalah, Costemer ORa NyA, engga banyak tanya tapi langsung beli …

gitu maksudnya …. 😁

baik, pada kesempatan kali ini sedikit sharing bagaimana agar kaka bisa memprioritaskan calon pembeli …

kaka harus mengklasifikasi kan calon pembeli, agar kaka bisa fokus ke yang berpotensial untuk beli dulu, karena jika kaka salah fokus, malah bisa jadi makan banyak waktu dan juga bisa mempengaruhi mental kaka yang bisa bikin down, apalagi kalau kaka orang yang baru berjualan online.

maka dari itu fokus lah ke yang potensial, saya jabarkan lagi ya, biar lebih jelas.

jadi gini #BenerinTempatDuduk #TatapKedepan #halah πŸ˜‚

Β 

Jika diwaktu yang sama, ada calon pembeli yang masuk bersamaan, nah kaka bisa lebih fokuskan pelayanan ke calon pembeli terlihat potensial(baca:ingin beli) dulu. okeh

saya buat klasifikasinya, jadi ada 4 macam :

1. nyenengin

kalau kaka dapetin tipe ini maka kaka beruntung, saran saya kaka lebih prioritaskan ke orang ini dulu, karena orang tipe ini sudah sangat tertarik dengan produk herbalize dan juga sudah terbiasa beli online, dan jangan kaget kalau mereka langsung isi format ordernya dan meminta no rekening kaka untuk langsung transfer … parah ga tuh … πŸ˜„

“bukan parah woy, tapi asique”

oh iya iya, asique πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Β 

Biar lebih kabayang, saya kasih contoh cit-cat orang ini masuk ke tipe nyenengi
n ya :
cp = calon pembeli

cp : ” Assalamualaikum, hallo ka, saya mau pesan chia seednya dong”

kaka : ” Waalaikum salam ka, iya hallo juga ka πŸ™πŸ˜Š, boleh ka, mau 3pcs atau 5 pcs ka? πŸ™πŸ˜Š

cp : ” 3pcs aja ka”
kaka : “baik ka, mau sekalian madu dan bee pollen nya ka? πŸ™πŸ˜Š

cp : “engga ka, chia seednya aja dulu ka”
kaka : “baik ka, mau dikirim ke alamat mana ka?”

cp : “
Nama : Nia
Alamat : Perum Selalu Ceria, Blok C16 no 5
Kodepos : 16740
no hp : 0813 xxxx xxxx

jadi totalnya berapa, minta no reknya

kaka : ” baik ka, bentar aku totalin dulu ya πŸ™πŸ˜Š

cp: “ok”
kaka : “
Terimkasih sudah pesan di herbalize_id, berikut rinciannya

produk :
3pcs chia seeds Rp. 195.000,-

Total harga barang : Rp. 195.000,-
ongkos kirim : Rp.15.000
Total yang harus di bayar : Rp. 210.000,-
Ekpedisi : JNE – Reg

Silahkan transfer ke salah satu rekening dibawah ini :

BCA – 5735274276
an. Revardi Syahputra

Mandiri – 1330013921580
an. Revardi Syahputra

BRI – 173901011835-507
an. Revardi Syahputra

cp : “ok ka, aku tf ke mandiri, ini bukti tfnya”
kaka : “terimaksih sudah melakukan komfirmasi pembayaran ka, sebentar aku cek dulu ya ka πŸ™πŸ˜Š

cp : “ok”
kaka : “pembayarannya sudah masuk ya ka, aku proses pengiriman sekarang juga, ditunggu ya ka barangnya dirumah πŸ™πŸ˜Š

cp : “ok, makasih”

kaka : ” iya ka, sama sama dan terima kasih kembali sudah pesan di herbalize_id πŸ™πŸ˜Š

Nah klasifikasi yang kedua itu Standar

biasanya tipe standar ini paling banyak, yaaa bisa di bilang calon rohana ini .πŸ˜‚

agak sedikit lama ke closingnnya, tergantung masalah dan kendalanya tapi biasanya berujung beli, cukup 1-2 kali follow up pasti transfer.

Β 

Biar lebih kabayang, saya kasih contoh cit-cat orang ini masuk ke tipe standar ya


cp : ” Assalamualaikum, hallo ka, saya mau pesan madunya dong”

kaka : ” Waalaikum salam ka, iya hallo juga ka :blush::pray:, boleh ka, mau 3pcs atau 5 pcs ka? πŸ™πŸ˜Š

cp : ” 2pcs aja ka”
kaka : “baik ka, mau sekalian chia seed dan bee pollen nya ka? πŸ™πŸ˜Š

cp : “engga ka, madunya aja dulu ka”
kaka : “
baik ka, boleh isi format pemesannya dulu :
Nama :
Alamat :
Kodepos :
no hp :
πŸ™πŸ˜Š

cp : “
Nama : Iqlima
Alamat : Perum Depok baru , Blok C16 no 5
Kodepos : 16734
no hp : 0813 xxxx xxxx

kaka : ” baik ka, bentar aku totalin dulu ya πŸ™πŸ˜Š

cp : “ok”
kaka : “
Terimkasih sudah pesan di herbalize_id, berikut rinciannya

produk :
2pcs madu Rp. 176.000,-

Total harga barang : Rp. 176.000,-
ongkos kirim : Rp.10.000
Total yang harus di bayar : Rp. 186.000,-
Ekpedisi : JNE – Reg

Silahkan transfer ke salah satu rekening dibawah ini :

BCA – 5735274276
an. Revardi Syahputra

Mandiri – 1330013921580
an. Revardi Syahputra

BRI – 173901011835-507
an. Revardi Syahputra

cp : “ok, eh manfaat chia seed itu apa sih?”

kaka : “wah ka, dengan mengkonsumsi chia seeds selain membantu menjaga kesehatan jantung juga membantu menstabilkan tekanan darah, insha alloh sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh, mau pesan berapa pcs ka chia seednya? πŸ™πŸ˜Š

cp: “ok thx infonya”
kaka : “iya sama-sama ka, oh iya setelah melakukan pembayaran, jangan lupa untuk segera komfirmasi ya ka”

…eng ing eng di read doang …

besok nya kaka harus follow up lagi.

kaka : “Assalamualaikum ka Iqlima, apakah sudah melakukan pembayaran? jika sudah mohon melakukan konfirmasi. Apabila belum, silahkan transfer sebesar Rp. 186.000,- ke salah satu rekening dibawah ini :
BCA – 5735274276
an. Revardi Syahputra

Mandiri – 1330013921580
an. Revardi Syahputra

BRI – 173901011835-507
an. Revardi Syahputra

TerimakasihΒ πŸ™πŸ˜Š

cp : “belum ka, saya masih di tempat kerja nih, paling nanti pas pulang kerja”

kaka : ” baik ka, infoin aja kalau udah ya ka, biar segera aku proses pesanannya πŸ™πŸ˜Š

cp : “ok”

Tetot… belum transfer juga
#plak

besoknya kaka harus follow up lagi, karena ini sudah di ujung tanduk, jadi jangan menyerah dulu ok …

kaka : “Assalamualaikum ka Iqlima, apakah sudah melakukan pembayaran? jika sudah mohon melakukan konfirmasi. Apabila belum, silahkan transfer sebesar Rp. 186.000,- ke salah satu rekening dibawah ini :
BCA – 5735274276
an. Revardi Syahputra

Mandiri – 1330013921580
an. Revardi Syahputra

BRI – 173901011835-507
an. Revardi Syahputra

Terimakasih πŸ™πŸ˜Š

cp : ” ini ka, sudah di tf ya (sambil kirim bukti tf)”

kaka : “terimaksih sudah melakukan komfirmasi pembayaran ka, sebentar aku cek dulu ya ka πŸ™πŸ˜Š

cp : “ok”
kaka : “pembayarannya sudah masuk ya ka, aku proses pengiriman sekarang juga, ditunggu ya ka barangnya dirumahΒ πŸ™πŸ˜Š

cp : “ok, makasih”
kaka : ” iya ka, sama sama dan terima kasih kembali sudah pesan di herbalize_id πŸ™πŸ˜Š

Catetan : di tipe ini, kaka di tuntut untuk sabar, jangan mudah baper sama rohana yang hanya baca doang. Mungkin dia lagi ada kegiatan jadi besoknya kaka harus follow up lagi sampai ada kepastiannya. okeh

nah klasifikasi yang ketiga itu Bawel

ke tipe ini kaka harus lebih sabar, tapi jangan sampai kaka remehkan, karena orang yang banyak tanya, biasanya perfectionist, idealis dan kalau komplain pasti bakalan nyerocos terus …

tapi nilai plus nya tipe ini, kalau udah pesan dan merasakan manfaatnya bisa beli lagi, lagi dan lagi … dan biasanya juga merekomendasikan produk herbalize ke keluarga dan temannya …

Aseekk sih, tapi diawal perlu kesabaran tingkat tinggi.

nah klasifikasi yang ke empat itu kepo

tipe ini biasanya kepo doang, pengen tau kaka itu jual apa dan harganya berapa?
ketika kita edukasi dia minat sih, tapi uang nya terbatas dan memiliki kebutuhan lain yang lebih mendesak, gitu alesan biasanya, ketika dia tau harga, eh langsung ngilang #plak

nah yang kek gini jangan terlalu berharap, fokusin dulu aja ke orang yang tipe nyenengin …

jika kaka sudah tau, nanti kaka bisa ngefelling, wah yang ini mah tipe nyening, yang itu tipe standar, yang onoh tipe bawel dan yang satu ini tipe kepo

maka kaka fokuskan dulu ke yang tipe nyenening, biar segera closing dulu okeh …

Step-step cara menangani pembeli
1. terapkan 5s: salam, sapa, senyum, sopan, santun
2. tunggu mereka bertanya, pahami arah pembicaraan
3. jika mereka belum bertanya produk yang mau di beli, coba kaka tanyakan mau produk apa yang di beli
4. cek stoknya
5. jika stoknya ada, pastikan sudah sepakat dengan harganya, setelah itu baru kasih format order
6. jika belum ada kepastian, follow up sampai dapat kepastian, karena “digantung” itu engga enak #halahπŸ˜‚

saya ingatkan kembali ya, layani dengan sopan dan hadirkan hati, jangan terkesan maksa, santai saja. sesuaikan bahasa dengan pelanggan namun masih dalam batas sopan ya.

dan juga hilangkan rasa tidak enakan untuk follow up, sangat wajar sekali jika kaka memfollow up rohana, dan juga jangan baper kalau mereka belum ngerespon, santuy aja ..

dulu, biar engga down, suka ngomong sendiri sambil ketawa … misal gini, aiihhh di kacangin dong … wkwkwkkw

atau
krik krik krik ….. wkwkkwkw

ya terserah gimana ke, buat suasana kaka senang dan engga down … okeh …

mau kayang ke, mau ngegelinding ke, apa lah suka suka …

yang penting senang dan engga down ocehh …

Selama kita memberikan MANFAAT yang sepadan dan dengan produk herbalize bisa memberikan SOLUSI atas masalahnya, insha alloh pasti CLOSING …